BASIC ELECTRIC - RANGKAIAN LISTRIK

Rangkaian Listrik

Rangkaian Seri
Pada rangkaian seri, jumlah arus yang mengalir selalu sama pada setiap titik, sedangkan tahanan total adalah sama dengan jumlah dari masing-masing tahanan R1, R2 dan R3. Dengan adanya tahanan listrik di dalam rangkaian, maka jika ada arus listrik yang mengalir akan menyebabkan tegangan turun setelah melewati tahanan. Besarnya perubahan tegangan karena adanya tahanan disebut dengan penurunan tegangan (voltage drop). Pada rangkaian seri, penjumlahan penurunan tegangan setelah melewati tahanan akan sama dengan tegangan sumber (Vt).

Berdasarkan gambar rangkaian di atas, besar tahanan, kuat arus dan tegangan dapat dihitung sebagai berikut:
  • Kuat arus ( I ) yang mengalir pada rangkaian seri besarnya sama pada R1, R2 dan R3, sehingga dapat dihitung menjadi:
  • Jika arus ( I ) mengalir pada rangkaian, penurunan tegangan V1, V2 dan V3 setelah melewati R1, R2 dan R3 adalah:

Rangkaian Paralel
Pada rangkaian paralel, tegangan sumber ( V ) adalah sama pada seluruh tahanan, sedangkan kuat arus ( I ) adalah sama dengan jumlah arus I1, I2 dan I3, yaitu arus yang mengalir melalui masing-masing resistor R1, R2 dan R3. Adapun rumus arus listrik, tahanan dan tegangan pada rangkaian parallel adalah sebagai berikut:

Berdasarkan gambar rangkaian di atas, besar tegangan pada masing-masing tahanan adalah sama dengan tegangan baterai, yaitu 12 V. Besar tahanan dan kuat arus dapat dihitung sebagai berikut:
  • Kuat arus ( I ) yang mengalir pada R1, R2 dan R3 adalah:
  • Besar tahanan total adalah:
  • Rangkaian Kombinasi :
Rangkaian kombinasi (seri – parallel) merupakan gabungan dari rangkaian seri dan paralel dalam satu rangkaian, seperti diperlihatkan pada gambar di samping. Besar tahanan, kuat arus dan tegangan dapat dihitung dengan menggunakan rumus rangkaian seri atau paralel di atas.



Demikian sharing mengenai rangkaian listrik seri, paralel, dan kombinasi, semoga bermanfaat dan dapat membantu Sahabat Sebel.461. Kami sangat mengharap komentar positif maupun negatif dan support dari teman-teman agar wibesite SEBEL461.com bisa terus berbenah dan terus bisa sharing hal yang positif. Mohon maaf apabila ada yang kurang dari penjelasan kami, silahkan teman-teman bisa tambahkan di kolom komentar menurut pemahaman teman-teman.

Post a Comment