BASIC ELECTRIC - PRINSIP KERJA MOTOR LISTRIK
Bila sebuah konduktor yang dialiri arus listrik diletakkan diantara kutub utara dan selatan magnet, maka konduktor akan terlempar keluar dari kutub-kutub magnet tersebut.


Peristiwa tersebut di atas dapat dipahami dengan kaidah tangan kiri Fleming.

  • Jari telunjuk menunjukkan arah medan magnet.
  • Jari tengah menunjukkan arah arus pada konduktor.
  • Ibu jari menunjukkan arah gaya pada konduktor.
Bila konduktor yang terletak sejajar dialiri arus listrik, garis gaya magnet yang mengelilingi masingmasing konduktor akan saling mempengaruhi, dimana garis-garis gaya yang searah akan tarik menarik, sedangkan garis-garis gaya yang berlawanan akan tolak menolak.


Pada sebuah motor listrik, diantara kutub magnet N dan S terdapat sebuah konduktor yang berujung di C1 dan C2 (setengah cincin tembaga yang disebut commutator). Dua buah sikat arang (brush) B1 dan B2 yang berhubungan dengan commutator memungkinkan arus mengalir ke konduktor. Bagian yang dapat berputar ini disebut dengan armature.

Konduktor yang terletak didekat kutub S akan bergerak ke kanan dan konduktor yang terletak didekat kutub N akan bergerak ke kiri. Gabungan dari gerak tersebut akan memutar armature searah jarum jam (sesuai dengan kaidah tangan kiri fleming). Bila arus pada konduktor tersebut di balik, maka putaran armature akan berbalik.



Demikian sharing mengenai prinsip kerja motor listrik, semoga bermanfaat dan dapat membantu Sahabat Sebel.461. Kami sangat mengharap komentar positif maupun negatif dan support dari teman-teman agar wibesite SEBEL461.com bisa terus berbenah dan terus bisa sharing hal yang positif. Mohon maaf apabila ada yang kurang dari penjelasan kami, silahkan teman-teman bisa tambahkan di kolom komentar menurut pemahaman teman-teman.

Post a Comment