BASIC ELECTRIC - PENGERTIAN ISTILAH ELECTRIC
Alternating Current (Arus Bolak-balik): Arus yang mengalir dengan polaritas yang selalu berubah-ubah. Dimana masing-masing terminalnya polaritas yang selalu bergantian.

Armature: Bagian dari starting motor yang dapat berputar dan mengeluarkan arus listrik.

Avometer (Multi Tester): Alat ukur yang multi guna untuk mengukur ampere, volt dan ohm.

Battery: Alat perubah energi kimia menjadi energi listrik untuk menyediakan listrik bagi sistem kelistrikan pada unit.

Battery Relay Switch: Komponen starting system yang digunakan untuk memutuskan atau menghubungkan negatif battery dengan body/chasis dan positif battery dengan starting motor.

Carbon Potentiometer: Potentiometer yang mempunyai elemen resistor dalam suatu jalur yang berbentuk lingkaran.

Charging System: Suatu sistem yang digunakan untuk mengembalikan kondisi battery agar selalu siap digunakan.

Circuit Breaker: Suatu alat yang digunakan untuk mencegah kerusakan kerusakan komponen-komponen dan kabel-kabel pada preheating system (sistem pemanasan awal) yang dikarenakan arus berlebihan (short circuit).

Direct Current (Arus Searah): Arus yang mengalir dalam arah yang tetap (konstan). Dimana masing-masing terminal selalu tetap polaritasnya.

Electromagnet: Medan magnet yang ditimbulkan oleh adanya aliran arus listrik pada sebuah konduktor atau coil.

Glow Plug: Alat pemanas yang dengan komponen-komponen lain akan memanaskan udara untuk pembakaran pada engine.

Isolator: Bahan atom–atomnya mempunyai lebih dari 4 elektron pada lintasan (kulit) terluar.

Konduktor: Bahan yang atom–atomnya mempunyai jumlah elektron lebih kecil dari 4 pada lintasan (kulit) terluar.

Preheating System: Suatu sistem yang digunakan untuk memanaskan udara yang akan masuk ke ruang bakar dengan tujuan mempermudah menghidupkan engine pada waktu udara sekeliling engine masih dingin.

Safety Relay: Komponen starting system yang digunakan sebagai relay (penghubung) antara starting switch dan starting motor selain fungsi lainnya.

Self Discharge: Suatu battery yang mengalami kehilangan muatan listrik yang tersimpan tanpa pemakaian melalui rangkaian luar.

Self Induction (Induksi Diri): Gaya gerak listrik yang berbalik dengan arah aliran arus pada lilitan ketika switch dibuka (off) dari kondisi tertutup (on).

Semi Konduktor: Sedangkan bahan atom–atomnya mempunyai 4 elektron pada lintasan (kulit) terluar.

Starting Motor: Komponen starting system yang digunakan untuk menghidupkan engine dengan prinsip merubah energi listrik menjadi energi mekanis.

Starting Switch: Komponen starting system yang digunakan untuk memutuskan atau menghubungkan komponen-komponen dalam sistem start.

Starting System: Suatu sistem yang bertujuan untuk menghidupkan suatu engine atau unit. Komponen utama dalam sistem ini adalah starting switch, battery relay switch, starting motor dan safety relay.

Valensi: Elektron yang terdapat pada kulit terluar.




Demikian sharing mengenai istilah-istilah elektrik, semoga bermanfaat dan dapat membantu Sahabat Sebel.461. Kami sangat mengharap komentar positif maupun negatif dan support dari teman-teman agar wibesite SEBEL461.com bisa terus berbenah dan terus bisa sharing hal yang positif. Mohon maaf apabila ada yang kurang dari penjelasan kami, silahkan teman-teman bisa tambahkan di kolom komentar menurut pemahaman teman-teman.


Post a Comment