Trouble Pada Planetary Scania

Kerusakan-Kerusakan Yang Terjadi Pada Planetary Scania. Sebuah komponen kendaraan atau alat berat tidak terlepas dari kerusakan, baik kerusakan yang disebabkan karena kesalahan pengoperasian, life time komponen, maupun dari kelemahan bahan material komponen itu sendiri.

Kali ini kita akan mengambil contoh kerusakan yang terjadi pada komponen planetary, planetary adalah komponen yang sangat penting pada sebuah unit, disini kami ambil contoh unit scania.

Planetary terpasang pada gearbox tepat di bagian belakang gearbox, apabila terjadi problem atau kerusakan pada planetary tentu sangat berefek pada putaran output yang menuju ke axle penggerak.

Berikut adalah beberapa contoh kerusakan yang terjadi pada komponen planetary dan efek yang di timbulkan dari kerusakan tersebut.


Latch Ball Planetary Jatuh

Seperti terlihat pada gambar diatas, bahwa problem yang terjadi disini adalah latch ball pada internal ring gear jatuh, latch ball ditahan oleh plate spring dan di lock dengan pin. Ketika latch ball ini jatuh biasanya akan mengalami gearbox noise atau bising pada saat perpindahan speed dan kalau tidak segera diperbaiki tentu akan merusak komponen yang lain.

Internal Ring Gear Planetary Aus

Selain latch ball jatuh, problem planetary yaitu keausan yang terjadi pada ujung gigi internal ring gear itu sendiri. Keausan terjadi karena proses gesekan antara teeth internal ring gear dengan teeth coupling cone, semakin sering dan semakin lama gesekan maka tingkat keausan akan semakin besar.

Efek yang di timbulkan pada unit atau kendaraan pada saat operasi adalah timbulnya suara noise atau bising pada saat perpindahan speed, terkadang proses perpindahan speed susah dan bahkan bisa kembali ke neutral.

Gambar diatas adalah contoh internal ring gear yang baru buka bungkus, jadi setelah melihat bentuk internal ring gear yang baru, kami harap teman-teman dapat mengambil keputusan setelah mendapati problem seperti ini.

BACA JUGA :
Pengertian Komponen Kopling Manual dan Kopling Otomatis Pada Scania
Mengenal Transmisi pada Kendaraan
Pengertian Komponen Planetary gear dan Cara Kerjanya

Coupling Cone Planetary Aus dan Patah

Planetary mempunyai dua coupling cone, satu terpasang pada output shaft gearbox sebagai coupling high, dan yang satu lagi terpasang pada disc. Disc tersebut fix dengan housing planetary dan disebut sebagai coupling low.

Kerusakan yang normal terjadi pada coupling cone adalah keausan yang terjadi pada teeth coupling cone. Namun tidak menutup kemungkinan akan terjadi patah pada teeth seperti pada gambar diatas.

Indikasi yang muncul pada saat problem seperti ini adalah munculnya noise atau bising pada saat perpindahan speed, gagal shift up, cenderung kembali ke neutral.

Latch Cone Planetary Aus

Sama dengan coupling cone, planetary juga memiliki dua latch cone. Latch cone adalah pasangan dari masing-masing coupling cone, coupling high satu latch cone dan coupling low satu latch cone.

Kerusakan yang umum terjadi pada latch cone adalah aus atau terkikisnya lapisan teflon pada latch cone. Lapisan ini yang berfungsi untuk menghubungkan internal ring gear dengan coupling high pada saat range gear high dan menghubungkan internal ring gear dengan coupling low untuk menahan internal ring gear pada saat range gear low.

Kesimpulan Problem Planetary dan Analisa Problem

Hampir bisa di pastikan bahwa semua problem planetary yang terjadi indikasinya adalah noise, namun yang perlu teman-teman ketahui adalah noise tersebut pada saat kapan.

Cara kerja planetary yaitu di saat range gear low speed CH, R, F1, sampai F6 dan range gear high speed F7 sampai F12, untuk lebih jelas tentang planetary silahkan baca juga Pengertian Komponen Planetary.

Pada umumnya problem planetary noise yaitu pada saat perpindahan speed dari range gear high ke range gear low. Disini untuk memastikan bahwa problem yang terjadi berasal dari planetary teman-teman harus memastikan terlebih dahulu dengan cara test speed shift up pada saat ON maupun sambil berjalan.

Pada saat test operasi unit pastikan di speed F6 ke F7 dan F7 ke F6, pada speed ini adalah proses perpindahan internal ring gear dari low ke high dan dari high ke low. Dan untuk memastikan problem berasal dari planetary, dengarkan suara yang di timbulkan dari proses perpindahan speed. Apabila pada saat perpindahan speed di barengi dengan suara noise maka bisa di pastikan problem berasal dari komponen planetary.

BACA JUGA :
Pengertian Komponen Kopling Manual dan Kopling Otomatis Pada Scania
Mengenal Transmisi pada Kendaraan
Pengertian Komponen Planetary gear dan Cara Kerjanya

Berikut sharing tentang kerusakan-kerusakan yang terjadi pada planetary, semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan bermanfaat buat teman-teman semua. Jangan lupa bantu dukung kami dengan mengikuti blog sebel461 dan semua media sosial sebel461. Kami sangat berterima kasih atas dukungan yang teman-teman berikan, Kami akan terus berusaha untuk menyajikan konten yang positif dan tentunya bermanfaat buat teman-teman.

Post a Comment