Komponen-Komponen Pada Planetary Gear

Pengertian Komponen Planetary gear dan Cara Kerjanya. Planetary adalah salah satu komponen terpenting pada gearbox atau transmissi scania, dengan adanya planetary yang terpasang pada gearbox akan mengurangi pemakaian bahan material dan biaya yang berlebihan.

Pada gearbox scania terdapat 12 speed, tentu tanpa adanya planetary akan membutuhkan banyak gear yang terpasang pada gearbox. Selain memerlukan ruang yang lebih luas juga akan membutuhkan biaya yang lebih besar. Untuk itu pada gearbox scania di pasang sebuah komponen yang bernama planetary untuk mendukung kerja gearbox.


Pengertian Komponen Planetary Gear

1. Mainshaft 6. Internal ring gear
2. High range coupling cone 7. Latch cone
3. Sun wheel 8. Low range coupling cone
4. Latch cone 9. Coupling disk
5. Planet whell ( 5pcs ) 10. Output shaft with planet wheel carrier

Planetary gear adalah dua kecepatan yang digabung atau dikombinasikan pada bagian belakang gearbox utama, pada gigi tinggi maupun rendah terdapat synchromesh yang menghubungkan gear.

Planetary gear terdiri dari internal ring gear yang dapat disesuaikan dengan gigi internal dan gigi kopling, sun wheel yang terpasang pada mainshaft di gearbox utama dan lima planet wheel di antara ring gear. Planet wheel dipasang dengan needle bearing pada output shaft yang berfungsi untuk memutar planet wheel pada saat yang bersamaan.

Range Gear Low

Ketika mengemudi dalam kondisi low range, sun wheell menggerakkan semua planet wheel. Internal ring gear yang tidak bergerak, terkunci ke housing planetary melalui coupling low dengan coupling cone. Karena internal ring gear adalah stasioner, planet wheel dan output shaft dengan planet wheel carrier dipaksa untuk memutar sehingga mengakibatkan gear shifting low atau kecepatan rendah.

Pada posisi planetary low ( range gear low ) putaran output gearbox di bagi 3.75 seperti pada gambar di atas dengan rumus n:3.75.

BACA JUGA :
Pengertian Komponen Kopling Manual dan Kopling Otomatis Pada Scania
System Gear Control Gearbox Scania
Fungsi Vassel Dump Truck Abnormal

Range Gear High

Ketika mengemudi dalam kondisi high range, internal ring gear terkunci ke coupling high melalui coupling cone yang terpasang ke poros utama bersama dengan sun wheel melalui splined joint. Seluruh planet wheel dan internal ring gear kemudian akan berputar secara bersamaan yang mengakibatkan gear shifting high atau kecepatan tinggi.

Pada posisi planetary high ( range gear high ) putaran output planetary sama dengan putaran output gearbox seperti pada gambar diatas dengan rumus n=n.

Mengenal Synchromesh Planetary Gear

1. Internal ring gear 3. Coupling cone
2. Latch cone 4. Latch ball

Gearbox planetary dilengkapi dengan synchromesh tipe kerucut ( cone ), yang fungsinya pada prinsipnya sama dengan synchromesh tunggal di gearbox utama. Tujuan dari synchromesh adalah untuk membawa poros keluaran gearbox utama (mainshaft) ke kecepatan yang sama dengan poros keluaran roda gigi planetary ketika kecepatan high range diaktifkan dan kecepatan low range diaktifkan.

Synchromesh terdiri dari dua latch cone, dua coupling cone dan internal ring gear yang bertindak sebagai coupling sleeve. Coupling cone dipasang pada sun wheel pada mainshaft gearbox dan yang satu lagi dipasang pada coupling disc yang dipasang pada housing planetary gearbox. Di internal terdapat 12 bola pengunci pegas, enam di setiap sisinya, yang tugasnya adalah menyesuaikan cone satu sama lain pada tahap awal sinkronisasi.

Latch cone hanya dapat menggerakkan setengah lebar gigi dalam satu arah pada internal ring gear dan melakukan tugas yang sama seperti latch cone pada synchromesh gearbox utama. Permukaan gesekan latch cone dan coupling cone memiliki desain yang sama dengan yang ada di kotak ring gear. Internal ring gear, akhirnya bertindak sebagai selongsong kopling pada saat yang bersamaan. Internal ring gear memiliki gigi kopling di setiap sisi untuk menyatu dengan coupling cone yang sesuai.

Cara Kerja Planetary Gear

Planetary gear bekerja berdasarkan pergeseran internal ring gear yang di dorong dan di tarik oleh fork internal ring gear. Pergerakan fork sendiri di tentukan oleh keluarnya angin dari solenoid, ketika high range ( gambar no.2 ) angin akan mendorong piston fork ke depan sehingga fork ikut terdorong dan internal ring gear juga terdorong ke depan, ini mengakibatkan latch cone engaged dengan coupling cone high dan menghasilkan putaran pada kecepatan tinggi.

Dan ketika low range ( gambar no.1 ) angin akan mendorong piston fork ke belakang sehingga fork ikut terdorong dan internal ring gear juga terdorong ke belakang, ini mengakibatkan latch cone engaged dengan coupling cone low sehingga internal ring gear terkunci dengan housing planetary dan menghasilkan putaran pada kecepatan rendah.

BACA JUGA :
Pengertian Komponen Kopling Manual dan Kopling Otomatis Pada Scania
System Gear Control Gearbox Scania
Fungsi Vassel Dump Truck Abnormal

Berikut sharing tentang pengertian komponen planetary gear dan cara kerjanya, semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan bermanfaat buat sahabat sahabat semua. Jangan lupa bantu dukung kami dengan mengikuti blog sebel461 dan semua media sosial sebel461. Kami sangat berterima kasih atas dukungan yang teman-teman berikan, Kami akan terus berusaha untuk menyajikan konten yang positif dan tentunya bermanfaat buat teman-teman.

Post a Comment